Posted by : Wawan Setyadi February 9, 2014


          Osu! adalah game bergenre musik 2D sederhana buatan Microsoft Windows yang merupakan tiruan dari game populer Nintendo DS “Elite Beat Agents”. Osu! termasuk ke dalam game freeware dalam arti yang sesungguhnya, semua pemain dapat menikmati game ini tanpa ada yang harus dibeli. Dengan berbagai macam mode, tampilan, dan lagu-lagunya, Osu! dapat membuat kalian ketagihan bermain hingga lupa waktu. Kalian tidak akan bosan karena game ini melakukan update secara konstan.

Game Information


Developer = Dean "Peppy" Herbert
Platforms = Microsoft Windows
Android (starting 2.1)
Mac OS X (Beta Release)
IPhone (App Store)
Any jailbroken iDevice (Cydia)
Release Date = 16 September 2007
Genre = Music
Mode = Single Playe
Multi Player
File Size = Sekitar 40 MB
Pros = Small File, Fast Installation
Simple controls and interface
Thousands of beatmaps (songs) available
Custom skins
Special modes And frequent updates
Cons = Limited multiplayer aspects
Repetitive gameplay

Gameplay


          Level dalam game ini disebut beatmaps. Dalam setiap Beatmap, lagu akan memainkan elemen yang berbeda (hit, slider dan spinners) pada lapangan bermain. Pemain harus menggunakan perangkat penunjuk untuk memanipulasi elemen-elemen ini dalam waktu dan irama yang tepat berdasarkan lagu yang diputar dalam rangka untuk mendapatkan poin. Perangkat yang paling populer adalah mouse, tetapi kita dapat menggunakan kombinasi perangkat lain untuk mempermudahnya.


          Tujuan utama ketika bermain osu! hanya untuk mengenai semua lingkaran sambil menjaga bar kesehatan agar tetap di atas 0 hingga lagu selesai. Sedangkan untuk pemain yang berpengalaman biasanya memiliki tujuan yang lebih sulit, yaitu mendapatkan skor tinggi, combo, maupun award.

Pada saat bermain, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu :
  1. Lingkaran Hit : merupakan lingkaran yang menyatakan ketukan lagu, kita harus meng-klik lingkaran tersebut pada saat yang tepat.
  2. Sliders : merupakan perpanjangan dari lingkaran hit dan biasanya memiliki pola tertentu, kita harus men-drag mouse mengikuti pola sliders.
  3. Spinners : merupakan sebuah lingkaran besar yang menutupi seluruh lapangan bermain ketika muncul, kita harus men-drag mouse memutari lapangan bermain sebanyak mungkin hingga lingkaran menghilang.
  4. Miss : merupakan kejadian dimana kita tidak mengenai lingkaran yang dituju atau tidak tepat ritmenya.
  5. Score : merupakan nilai yang diperoleh ketika bermain, nilai tersebut diperoleh berdasarkan rumus “Skor hit = Dasar hit * (1 + combo multiplier * kesulitan multiplier * multiplier mod / 25)”
  6. Mods : merupakan fasilitas merubah gameplay yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu penurunan kesulitan, peningkatan kesulitan, dan mods khusus. Untuk daftar mods beserta fungsinya silahkan kalian coba sendiri.


Mode Permainan Khusus

          Selain permainan dasarnya, Osu! juga memiliki permainan khusus lain. Berikut ini adalah beberapa permainan khusus lain yang terdapat dalam game Osu! :
  1. Taiko : Pada mode ini terdapat ketukan merah dan biru, serta kuning drumrolls panjang (dengan penampilan yang mirip dengan slider). pemain berusaha mengikuti ketukan drum berdasarkan warnanya. Cocok sekali untuk kalian yang suka bermain drum.


  2. Catch The Beat : Pada mode ini pemain menempatkan sebuah karakter pemegang piring yang dapat dikendalikan dengan tujuan untuk menangkap buah yang jatuh dari atas layar.


  3. Osu! Mania : Pada mode ini terdapat lapangan permainan seperti yang terdapat pada permainan guitar hero. Kalian pasti sudah tau kan? Jadi, tidak perlu saya jelaskan lagi.



System Requirements

Minimum Requirements
OS = Windows 98/ME/2000/XP
CPU = P4~1GHz+
RAM = 512 MB
HDD = 500 MB
Microsoft .NET Framework (2.0+, 32bit)

Recommended Specification
OS = Windows XP / Vista
CPU = Pentium 4 2.0 GHz or better
RAM = 1024 MB or more
HDD = 1.0 GB
Microsoft .NET Framework (2.0+, 32bit)

           Jika kalian tertarik untuk memainkan game Osu! ini, kalian dapat mengunjungi official websitenya dengan meng-klik logo Osu! di bawah ini :


Dalam website tersebut kalian dapat men-download semua kontoen Osu! seperti beatmap, skin, dan game Osu! itu sendiri. Kalian juga dapat melihat profil pemain lain dan memantau perkembangan kalian.

============================================================
Terima Kasih Telah Mengunjungi Animo257

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. pertamax gan.
    Wah saya juga main sop ini game. Teman saya sudah menyimpulkan, bahwa bermain osu bisa menambah akurasi pada game lain haha. dan banyak juga beatmap yang bagus-bagus buat semangatin main ini game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget tuh gan. Dengan bermain Osu!, refleks indera pendengaran dan peraba kita akan semakin terlatih. Terima kasih udah berkunjung :D

      Delete

Saya tidak online secara 24 jam. Maka dari itu saya mohon maaf apabila ada komentar yang belum saya balas. Mohon menggunakan kata-kata yang sopan dalam berkomentar. Komentar SPAM, SARA, OOT, dan mengandung link aktif tidak akan saya tampilkan.

Welcome to My Blog

Search :

Labels

- Copyright © 2013 Animo257 - Dark Amaterasu - Original Design By YONDARKNESS - Modified By Ninja Blogger -